LKMM-TD 2019 FT ULM | SKEMA (Studi Keagamaan)

LKMM-TD 2019 FT ULM | SKEMA (Studi Keagamaan)


       Assalamualaikum kawan-kawan seperjuanganku! Oke pada  kesempatan kali ini aku hendak berbagi sedikit cerita kepada kawan-kawan sabda manusia mengenai kegiatan SKEMA. 
       Oke sebelumnya apa sih itu SKEMA? SKEMA merupakan singkatan dari klausa 'Studi Keagamaan' yang mana kegiatan SKEMA ini merupakan lanjutan dari beberapa rangkaian kegiatan LKMM-TD 2019 FT ULM. Sebagaimana dengan judulnya, tak lain dan tak bukan kegiatan ini berupa pembekalan ilmu agama kepada para peserta LKMM-TD 2019 FT ULM berupa ceramah agama ataupun dalam bentuk lainnya, yang mana ilmu agama tersebut diharapkan dapat mengontrol sikap dan memberikan efek yang positif kepada para peserta, agar kedepannya dapat berguna dalam menghadapi perkembangan era revolusi industri 4.0. Karena jika kita berbicara mengenai sikap, maka agama adalah salah satu yang akan menjadi faktor penentu bagaimana seharusnya kita mengambil sikap, terlebih dalam konteks membatasi efek-efek negatif yang ikut terbawa oleh perkembangan era revolusi industri 4.0 ini.
       Untuk peserta yang beragama islam atau seorang muslim, kegiatan SKEMA dilaksanakan di Masjid Kampus Al-Baythar ULM Banjarbaru. Posisinya tak begitu jauh dari Plaza Fakultas Teknik, kira - kira jaraknya berkisar sekitar 500 m dan cukup ditempuh dengan berjalan kaki.
Pada acara SKEMA ini peserta untuk yang beragama islam dipisah tempat duduknya antara  putra dan putri. Namun hal ini juga memberikan dampak positif dimana para peserta dapat berbaur dengan peserta LKMM-TD 2019 FT ULM dari kelompok lainnya (warna slayer berbeda). Untuk laki-lakinya ditempatkan didalam masjid pada lantai utama sedangkan untuk perempuan ditempatkan di lantai atas, terkecuali untuk peserta perempuan yang berhalangan memasuki masjid maka ditempatkan di teras masjid.
       Kegiatan ini sendiri tampaknya tidak hanya di prakarsai oleh BEM FT ULM, karena terlihat bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dari BEM FT ULM dengan FKI Ash-Shirath selaku satu-satunya UKM  di Fakultas Teknik yang bergerak  di bidang kerohanian, khususnya untuk agama islam. BEM FT ULM sendiri mengusung tema 'Era Revolusi 4.0, apa kata agama?' yang dikemas dalam bentuk studi keagamaan, sedangkan FKI Ash-Shirath mengusung tema 'Tantangan Muslim Di Era 4.0' yang dikemas dalam bentuk kajian akbar. Kegiatan ini juga merupakan agenda dari FKI Ash-Shirath dalam memperingati Isra Mi'raj 1440 H.
      Selain dihadiri peserta dan pantia, kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa orang-orang penting di antaranya yaitu Wakil Dekan I Fakultas Teknik : Bpk. Meilana Dharma Putra, S.T, M.Sc., Ph.D. lalu dilanjutkan dengan Wakil Dekan III Fakultas Teknik : Bpk. Romla Noor Hakim, S.T., M.T. Diikuti oleh Ketua BEM FT ULM (Achmad Sunan Ja'far Sidiq), Ketua FKI Ash-Shirath (Fahrur Rozikin) dan Ketua Pelaksana (Muhammad Hafizh Azhari).
      Kegiatan ini menghadirkan Ust. Awad Ahmad, M. A. sebagai penceramah. Sebagaimana dengan tema, beliau memberikan beberapa pelajaran penting kepada peserta bagaimana seharusnya seorang muslim bersikap dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 ini.















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Tentang Apa Itu Keausan (Abrasi) Agregat Kasar dan Alat Ujinya?

LKMM-TD 2019 FT ULM | LKMM Vaganza

LKMM-TD 2019 FT ULM | Opening Ceremony & UKM DAY